Inisiasi Minat Kewirausahaan Desa Melalui Pelatihan Pembuatan Kerupuk Kulit Pisang

07 Februari 2020 10:09:46 WIB

LUMAJANG - Kamis, (30/1) Antusiasme masyarakat Desa Kalibendo saat mengikuti pelatihan pembuatan kerupuk kulit pisang yang dihadiri oleh Kepala Bidang Perindustrian dan Perdagangan, Eko Hadi. Pemateri pelatihan oleh Toyibatur Rochmah dan Romli, pemilik usaha olahan pisang “AROMA”.

Kegiatan ini diinisiasi oleh mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Jember (KKN UNEJ) Kelompok 35, Peroide 1 Tahun 2020 serta dukungan dari Kepala Desa Kalibendo, Pasirian, Lumajang, Asnawi Mangku Alam. Eko Hadi memaparkan, “saya berharap ekonomi warga masyarakat Kalibendo bisa meningkat setelah mereka memiliki keterampilan mengolah kulit pisang menjadi kerupuk ini. Penting juga ada inovasi produk karena selama ini hanya buah pisangnya saja yang diolah menjadi berbagai camilan”.

Pelatihan ini diharapkan memberikan pengalaman baru bagi peserta, khususnya ibu-ibu rumah tangga Desa Kalibendo, yakni anggota Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) serta warga penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH). Dengan adanya pelatihan ini peserta mendapatkan referensi olahan makanan yang baru. Selain itu, mereka memiliki peluang untuk melakukan wirausaha secara mandiri, sehingga mampu menambah pendapatan sehari-hari.

Ketersediaan buah pisang yang melimpah di Kota Lumajang, khususnya Desa Kalibendo membuat Usaha Mikro Kecil Menegah (UMKM) lokal di sini mayoritas memproduksi hasil olahan makanan berbahan dasar buah pisang. Keripik pisang, madumongso, tape, dan aneka olahan pisang lainnya telah menjadi ikon khas Kota Lumajang. Banyaknya produksi olahan pisang juga meningkatkan limbah kulit pisang, oleh karenanya, inovasi pembuatan kerupuk kulit pisang selain diharapkan dapat menambah pendapatan masyarakat juga diharapkan mengurangi limbah kulit pisang.

Peserta melakukan praktek pembuatan kerupuk kulit pisang mulai proses persiapan bahan, pembuatan adonan, penggorengan kerupuk, hingga packing kemasan produk.“Cuma yang saya harap, kalau sudah membuat (kerupuk kulit pisang), kalo bisa dijual sendiri. Kenapa? Pendapatannya besar.” pesan Bapak Romli, pemateri dan pelaku usaha olahan makanan pisang.Olahan kerupuk kulit pisang sangat cocok untuk dirintis sebagai bisnis rumahan modal kecil. Ini menjadi peluang yang bagus karena dari waktu ke waktu permintaan kerupuk meningkat dan peminatnya pun semakin banyak. Untuk pembelian olahan pisang bisa dibeli secara offline di Dusun Kalibendo Utara RT.03 RW.03 Ds. Kalibendo Kec.Pasirian Kab. Lumajang maupun secara online melalui Online Shop (Shopee,Tokopedia,Bukalapak) instagram‘@toyibaturrochmah’ dan facebook ‘Toyibatur Rochmah. Berikut website Online Shop

https://m.bukalapak.com/u/aroma_lumajang

https://m.tokopedia.com/aromalmj?source=universe&st=product

https://shopee.co.id/aromalumajang

 

Author : KKN 35 UNEJ 

Komentar atas Inisiasi Minat Kewirausahaan Desa Melalui Pelatihan Pembuatan Kerupuk Kulit Pisang

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Kalibendo

tampilkan dalam peta lebih besar