KONDISI UMUM DESA KALIBENDO

Administrator 27 Oktober 2017 10:39:29 WIB

Kalibendo, Pasirian, Lumajang

Desa Kalibendo terletak di kecamatan Pasirian yaitu daerah sebelah barat di  Kabupaten Lumajang propinsi Jawa Timur, Indonesia. Desa ini dikenal sebagai sentra produksi gula aren. Dengan luas 689.504 m² berbatasan dengan Desa Jugosari, Gondoruso, Jarit, dan Pasirian, dengan perkiraan luas pemukiman 1.497.540 m2,dan luas persawahan 5.380.000 m2 menjadikan desa Kalibendo berpotensi sebagai penghasil dari sentra pertanian. Jumlah penduduk desa Kalibendo pada akhir Desember 2016 mencapai 7000 lebih jiwa, dengan keberadaan kepala keluarga 2000 lebih kepala keluarga.

Sebagian besar penduduk desa Kalibendo bermata pencaharian sebagai petani, dimana pertanian Kalibendo dapat dikatakan cukup baik  itu terlihat masih banyaknya lahan yang dimanfaatkan sebagai lahan pertanian. Selain itu di dukung juga oleh keadaan tanah Desa Kalibendo yang cukup subur. Sehingga potensi pertanian di desa Kalibendo sangat prospektif untuk kedepannya. Sebagian besar  masyarakat Desa Kalibendo memiliki mata pencaharian sebagai petani. Sehingga terdapat banyak komoditas yang mereka tanam sesuai dengan kebutuhan mereka. Komoditas pertanian yang terdapat di desa Kalibendo antara lain: komoditas padi, jagung, cabai, lengkuas, terung, tomat dan lain-lain. Dimana yang sebagai komoditas utama adalah padi dan palawija.

Desa ini dikenal sebagai sentra produksi gula aren/ gula merah dari nira kelapa dengan jumlah petani sebagai pengrajin gula merah mencapai 3.000 jiwa, yang membuat kalibendo maju dalam industri pengrajin gula merah.

Desa Kalibendo dipimpin oleh kepala desa bernama Suharto. Menjabat 2 periode kepala desa, Kalibendo berkembang pesat pada sistem perekonomian masyarakatnya. Hal ini didukung dengan pembangunan

infrastruktur yakni prasarana jalan dan jembatan sebagai akses yang lumayan memadai bagi desa Kalibendo yang sedang berkembang, terutama pada akses jalan pertanian dan akses jalan dari dusun ke dusun. Dengan semangat pembangunan kepala desa Kalibendo bertekat akan selalu memajukan desa yang dipimpinnya.

Bukan hanya pada prasarana saja, kegiatan pemberdayaan masyarakat juga sering dilaksanakan di desa kalibendo. misalnya saja kegiatan PKK, karang taruna, LKMD dan juga kelompok masyarakat yang masih terus aktif demi mengembangkan sumber daya manusia di Kalibendo.
Kemajuan desa Kalibendo juga didukung dengan kerjasama masyarakat yang selalu aktif dalam kegiatan yang dilaksanakan di Kalibendo. Wujud gotong royong dari  masyarakat desa Kalibendo juga masih sangat tampak di wilayah dusun dan wilayah rukun warga. Kerja bhakti adalah salah satu wujud nyata kerjasama antara masyarakat dan pemerintah desa Kalibendo.
Pusat pemerintah desa Kalibendo terletak di poros desa, yakni dusun Sumberkadi. Dengan penataan administrasi yang baik, pemerintah desa Kalibendo sering menjuarai berbagai jenis lomba desa yang berlangsung di tingkat kecamatan kabupaten dan juga propinsi. Semisal lomba kearsipan desa, Kalibendo mampu mendapatkan juara II tingkat propinsi yang berlangsung di kota Surabaya. Sebagai salah satu pemenang lomba administrasi desa, desa Kalibendo juga mendapatkan program paket perustakaan dan internet berupa fasilitas dari PT. Coca Cola company lewat program Perpuseru di tahun 2015.
Dengan demikian sangat layak apabila desa Kalibendo disebut desa yang berada pada perkembangan yang sangat baik. dengan administrasi birokrasi yang bagus, juga dari segi ekonomi sangat ditunjang dengan sarana dan prasarana yang dimiliki di desa Kalibendo.
Semoga desa kalibendo terus maju dan berkembang sehingga tingkat kemakmuran masyarakat desa Kalibendo lebih tinggi lagi, dan bisa mengharumkan nama Indonesia dari tingkat pemerintahan terbawah yakni desa kalibendo.

 

Kalibendo,_Pasirian,_Lumajang

kelurahan-desa-kalibendo-pasirian-kab-lumajang

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Kalibendo

tampilkan dalam peta lebih besar