Kalibendo Kaya Akan Hasil Pertanian dan Produk Olahannya

25 Juli 2019 11:24:24 WIB

   Kalibendo merupakan sebuah desa yang terletak di Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Dinamakan Kalibendo, karena menurut asal usul pendiriannya desa ini terletak diantara danau besar serta dikelilingi oleh aliran sungai kecil (dalam bahasa daerah setempat disebut Kali) dan banyaknya pohon Bendo yang tumbuh di sepanjang sungai yang mengaliri desa Kalibendo. Namun, pada saat ini pohon Bendo di desa Kalibendo telah mulai berkurang jumlahnya bahkan sudah sangat sulit untuk ditemukan di sepanjang sungai Kalibendo.

   Jumlah penduduk Kalibendo pada tahun 2017 berjumlah 8.410 dengan perbandingan laki-laki sebesar 4.246 dan perempuan 4.164. Desa Kalibendo terdiri dari 5 dusun yaitu dusun Kalibendo Utara, Dusun Kalibendo Selatan, Dusun Sumberkadi, Dusun Sidumoro, Dusun Karanganyar. Posisi desa yang dikelilingi aliran sungai kecil membuat sebagian besar masyarakat Desa Kalibendo memiliki mata pencaharian sebagai petani. Berdasarkan data BPS, (2017) Hasil pertanian terbesar di  Desa Kalibendo berupa Padi sawah dan hasil pertanian terkecil yaitu tomat, sedangkan pada hasil perkebunan terbesar berupa pisang sebesar 122 Ton per tahun serta hasil perkebunan terkecil pada komoditas buah berupa Jeruk yaitu hanya sebesar 13 Ton per tahun. Hasil perkebunan lain yang mendominasi adalah Kelapa dan Pepaya.

   Selain berbagai output dari komoditas diatas, kita juga akan sering melihat banyaknya pohon Kelapa yang tumbuh disepanjang pematang sawah di desa Kalibendo. Banyaknya pohon kelapa di desa Kalibendo telah memunculkan tingkat kreativitas bagi masyarakat untuk mengelola kelapa menjadi gula merah. Gula merah yang dihasilkan oleh masyarakat desa Kalibendo umumnya skala rumah tangga atau home industry dan hanya mampu memproduksi sekitar 16 sampai dengan 20 kg per hari.

   Gula merah di Desa Kalibendo yang diproduksi oleh perusahaan rumah tangga ternyata terdiri dari 2 jenis produk, yaitu gula merah asli yang berasal dari olahan nira kelapa serta gula merah proses yang berasal dari olahan kembali gula merah yang telah diproduksi dengan tambahan gula pasir. Melimpahnya output gula merah Kalibendo disertai tingkat harga yang fluktuatif telah mendorong beberapa produsen untuk mengolah kembali gula merah menjadi gula semut dengan tingkat harga jual yang lebih tinggi. Gula semut berasal dari campuran gula merah asli dengan gula putih, seperti yang diketahui bahwa gula semut memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan terutama bagi penderita diabetes sehingga harga gula semut lebih mahal dibandingkan dengan gula merah asli maupun proses.

   Desa Kalibendo juga terkenal dengan berbagai produk olahan pisang yang telah mampu menembus pasar nasional, sehingga dapat dikatakan olahan produk pisang desa Kalibendo sudah memiliki pasar yang cukup luas dibandingkan dengan berbagai produk olahan pisang lainnya. Strategi pemasaran produk olahan pisang ini dilakukan secara online pada media Facebook dan secara offline atau dititipkan pada outlet atau toko jajanan. Olahan pisang yang dihasilkan berupa kripik pisang dan stik pisang berbagai rasa, tape pisang. Produsen produk olahan pisang di desa Kalibendo ini hanya 1 di desa Kalibendo yaitu ibu Toyyibah.

 

 

Authors : KKN UNEJ 227

Komentar atas Kalibendo Kaya Akan Hasil Pertanian dan Produk Olahannya

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Kalibendo

tampilkan dalam peta lebih besar