Produk Gula Semut Khas Kalibendo

03 Agustus 2019 09:48:36 WIB

Gula merah adalah pemanis yang di buat dari nira yang berasal dari bunga pohon palma seperti kelapa,aren dan siwalan. Gula merah menjadi produk subtitusi daripada gula pasir. Gula merah biasanya menjadi bahan pemanis beberpa makanan. Di Indonesia terdapat banyak makanan yang menggunakan gula merah menjadi ciri khas tersendiri. Kebutuhan gula merah di Indonesia terhitung cukup tinggi.  Terdapat daerah daerah di Indonesia yang potensial memproduksi gula merahnya sendiri. Salah satu daerah produksi gula merah di Indonesia terdapat di desa Kalibendo, kecamatan Pasirian kabupaten Lumajang.

Terdapat cukup banyak produsen gula merah di desa kalibendo. Produsen gula merah di kalibnendo berskala home industry saja. Gula merah di desa kalibendo di buat dari nira yang berasal dari pohon kelapa di karenakan di desa kalibendo terdapat cukup banyak pohon kelapa. Terdapat dua jenis produsen gula merah yang ada di desa kalibendo yaitu gula merah asli dan juga gula merah proses.

Gula merah asli yang berarti gula merah yang diproses dari nira kelapa langsung di masak menjadi gula merah tanpa tambahan apapun. Sedangkan gula merah proses di buat dari gula merah asli yang di olah kembali dan di campurkan dengan gula pasir/gula rafinasi. Perbedaan signifikan antara gula merah asli dan proses terdapat pada rasa yang di milikinya dan juga warna. Pada gula merah asli, produsen di kalibendo tidak memasarkannya secara langsung sebagai hasil olahan home industry tetapi produsen gula merah asli menyetorkan kepada pengepul gula merah asli dan pengepul tersebut memasarkannya. Sedangkan pada gula merah proses produsen gula merah proses secara langsung memasarkannya. Bahkan pasar daripada gula proses bukan hanya pasar skala nasional tetapi sudah mencapai pasar global.

Selain gula merah dalam bentuk centakan. Di desa Kalibendo terdapat satu satunya produsen gula semut. Gula semut adalah olahan yang berasal dari gula merah yang di proses hingga membentuk gula serbuk seperti gula pasir. Gula semut di desa Kalibendo di produksi skala besar sehingga produsen dapat memproduksi hingga 1 ton per hari. Pada produk gula semut ini produsen adalah KUD dari desa Kalibendo. Gula semut ini langsung di kirim ke Surabaya untuk pelabelan dan di kemas. Pasar gula semut desa Kalibendo juga sudah mencapai pasar global.

Pada tahun 2019. Di desa kalibendo masyarakat mencoba melabelkan gula semut sendiri dengan label kalibendo. Agar nilai jual gula semut yang di produksi oleh desa memilki nilai yang cukup tinggi di bandingkan dengan nilai jual yang di pasok ke pengepul di Surabaya. Tujuan pelabelan sendiri agar kalibendo memilki produk ciri khas desa kalibendo. Masryarakat juga lebih produktif dengan adanya produksi gula semut dengan pelabelan kalibendo sendiri. Kemasan produk tersebut berukuran 250 gram dan juga 500 gram. Dengan banyaknya masyarakat yang termotivasi dengan produk tersebut, mengakibatkan perekonomian di desa kalibendo meningkat.

 

Author : KKN UNEJ 227

Komentar atas Produk Gula Semut Khas Kalibendo

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Kalibendo

tampilkan dalam peta lebih besar